Minggu, 30 November 2014

Pengertian Game MMORPG

Genre Game MMORPG

Pengertian Game MMORPG


             MMORPG adalah kepanjangan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game yang berarti adalah permainan role-playing game (RPG) yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya, yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media Internet dan jaringan. Ada beratus-ratus game online bertipe MMORPG baik dalam bentuk 2D seperti Nexia hingga 3D Tantra. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
                Dalam dunia Game biasa kita mengenal kata MMO – MMORPG – MMORPS – MMOFPS – MMO Musical – MMO Sport. MMO di atas merupakan jenis-jenis dari setiap Game. Seperti kita biasa ketahui pada dunia Music terdapat Genre Rock, Jazz, Regae, DLL. Nah untuk Dunia Game sendiri MMO(….) di atas tersebutlah genrenya. MMO sendiri memiliki singkatan Massively Multiplayer Online. Massively multiplayer online role-playing game disingkat (MMORPG) adalah sebuah MMO bergenre RPG ( Role Playing Game ) dimana Setiap pemain dari berbagai IP Address, berbagai Kontingen, dan berbagai Regional Berinteraksi sesama pemain di dalam dunia game virtual.
                Genre RPG adalah sebuah game di mana player memainkan suatu tokoh yang ada dalam game. Didalam game ini biasanya terdapat unsur seperti experience point, atau perkembangan karakter yang kita mainkan sehingga membuat karakter kita naik level dan semakin kuat. Unsur cerita dalam game RPG sangat kental. Ada yang akhir ceritanya bisa kita tentukan sendiri tergantung apa yang kita lakukan dalam game. Biasanya di game RPG terdapat juga sistem equipment, di mana untuk memperkuat karakter yang kita mainkan diperlukan kombinasi perlengkapan yang mempengaruhi dalam menjalankan game RPG. Selain itu di game RPG kita dapat menjelajahi peta yang cukup luas. Game RPG di bagi menjadi 2 genre yaitu Action RPG dan Turn Based RPG. perbedaan kedua turunan RPG tersebut ialah pada sistem battle nya. dimana Action RPG memiliki kebebasan dalam mengendalikan karakter dan battlenya yang real time ( tidak harus saling menunggu untuk menyerang ). Untuk Turn Based RPG sistem battlenya lebih cenderung ke strategi. Dimana kita harus memberikan perintah kepada karakter seperti Attack, Magic, Skill dan memilih musuh yang di serang dalam setiap pertarungan. kelebihan Turn Based RPG adalah kita di tuntut untuk membuat taktik agar dalam sebuah pertarungan karakter kita dapat memenangkan pertarungan dan mendapat experience point.

Contoh Game MMORPG


Contoh Action RPG :

The Elder scrolls V : Skyrim
Contoh Turn Based RPG :

Final Fantasy X


Game Favorite MMORPG Saya
                Atlantica Online
                Atlantica Online adalah permainan 3D massively multiplayer online role-playing game (MMORPG) yang dikembangkan oleh Korporasi Ndoors. Permainan diatur dalam bumi sejarah alternatif, dengan peta permainan yang terdiri dari sebagian besar belahan bumi utara. Pengaturan ini fantasi bertema dengan unsur steampunk. Gameplay seorang pemain dan tentara bayaran nya ditemani oleh dua kelompok massa disihir menyerang kelompok massa musuh.
                Permainan ini memiliki dunia yang terus-menerus dihuni oleh pemain-dihasilkan karakter dan NPC. Pemain dapat memilih dari sembilan kelas yang berbeda dan menyesuaikan penampilan mereka. Pemain tidak melawan dengan karakter utama saja, setiap pemain dapat merekrut pejuang tambahan, sampai dengan maksimal delapan tentara bayaran (dan satu utama) di lapangan pada waktu tertentu. Pemain dapat menyimpan tentara bayaran tambahan di kamar tentara bayaran.
                Selain keterampilan pertempuran mereka, semua pemain dapat mengejar sejumlah kemampuan kerajinan yang berbeda. Desain permainan menempatkan penekanan kuat pada konsep serikat. Guilds dapat mengontrol berbagai kota pada peta permainan. Guild kuat dapat ditemukan bangsa dan berperang satu sama lain. Pertempuran di Atlantica Online agak tidak biasa untuk genre seperti turn-based. Representasi dari pihak yang bermusuhan berkeliaran lanskap, jika klik pada pemain seperti representasinya partainya dan pihak musuh ditransfer ke medan perang terpisah sama dalam mode untuk pertempuran dalam peran bermain game konsol dan tetap di sana sampai pertempuran teratasi. Sistem pertempuran juga dilengkapi dengan batas waktu bagi seorang pemain untuk bergerak mereka, memastikan bahwa tidak akan ada semua jenis griefing pemain selama pemain vs pemain tempur. Saat ini tidak ada IP dikenal memblokir pembatasan pada versi AS Atlantica Online, karena bertindak sebagai server internasional di luar calon mitra yang distribusi. Ini akses yang tak terbatas telah mengakibatkan pengguna internasional dari lokasi geografis lain di luar Amerika Serikat untuk bisa bermain di server berbasis di AS.
                Setelah memulai permainan pemain dapat merekrut hingga 18 tentara bayaran / mercenaries untuk bergabung dengan mereka dalam perjalanan mereka. Pengguna dapat memiliki hingga 8 melawan tentara bayaran bersama dalam pertempuran, dan shuffle lineup mereka sebagai situasi panggilan untuk. Mercenaries, seperti pahlawan Anda, muka di kedua tingkat dan pangkat karena mereka mendapat lebih kuat. Saat ini ada 37 tentara bayaran yang berbeda yang termasuk dalam 8 kelas yang berbeda dan gaya. Tradisional pertempuran Sistem pertempuran tradisional permainan tidak biasa untuk genre karena menggunakan sistem turn-based. Ketika karakter pemain dan karakter musuh datang ke dalam kontak dengan satu sama lain pada peta permainan, kedua belah pihak yang diangkut menjadi contoh miniatur di mana pertempuran berlangsung. Selama pertempuran kelompok pemain lain dan kelompok rakasa lain mungkin bergabung dalam maksimal tiga kelompok di setiap sisi.
                Dalam pertempuran, karakter masing-masing pihak diposisikan pada grid 3x3. Posisi masing-masing tentara bayaran dan karakter utama ditentukan oleh pemain di luar pertempuran. Namun, adalah mungkin untuk memodifikasi posisi dengan memindahkan karakter sekitar selama / nya gilirannya. Selama gilirannya kelompok rakasa / pemain, sampai dengan lima anggota kelompok dapat melakukan suatu tindakan.Tactical Battle System Sistem Pertempuran Taktis (TBS) adalah evolusi terbaru dari Turn-Based Tempur Atlantica dan memberikan pemain kemampuan untuk membentuk regu dengan teman-teman mereka dan teman serikat untuk berperang di pertempuran skala besar dengan puluhan karakter per sisi. Mengatur Dunia Atlantica Online fitur lokasi dunia nyata dicampur dengan unsur-unsur mitologi dan fantasi. Negara-negara seperti Jerman dan China yang diwakili, dengan kota-kota seperti Munich, Moskow, dan Sapporo yang tampil sebagai kota-kota dimana dapat dikunjungi. Meskipun lokasi pada peta iklim fitur yang mirip dengan rekan-rekan mereka yang sebenarnya di dunia, arsitektur sering rekreasi generik jenis struktur terkenal, seperti kota-kota di Eropa Timur dan Jepang. Roma juga mengambil peran besar sebagai lokasi dunia nyata, menyerupai kota kuno Roma seperti yang dikenal dari periode yang penaklukan sebagai Kekaisaran Romawi.


Alasan Saya Menyukai Game Atlantica Online
              Di jaman sekarang pasti kalian sudah tahu dan juga mencoba banyak game-game online yang beredar dengan berbagai macam genre, quality, graphic yang semakin bagus. Tetapi sampai saat ini saya tetap menyukai game yang dari dulu saya mainkan dari saya jaman SMA (sekolah menengah pertama) kelas 1 sampai sekarang yaitu game Atlantica Online. Game ini sangat menarik dengan menggunakan system game role playing dan juga petualangannya dengan tujuan membuat sebuah karakter yang kita mainkan untuk menjadikan karakter tersebut lebih kuat untuk melawan monster-monster bahkan karakter lain yang dimainkan oleh orang lain. Di dalam perjalanan petualangan game ini setiap karakter dapat menaikkan level karakter dan mencari peralatan/equipment yang kita butuhkan dalam berpetualang di dalam game. Selain bisa ngisi waktu game ini juga bisa ngilangin bete :D kalo kalian suka game yang ber-genre  MMORPG game Atlantica Online ini recommended banget.

 






Sumber :
http://ahmadlutfi99.blogspot.com/2012/11/pengertian-game-atlantica.html

2 komentar:

  1. Kira-kira nanti akan ada game yang mirip dengan SAO dsb gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bang...
      coba lihat di google playstore...
      tapi khusus Android.....

      Hapus